i-Trade CIMB  
         
Online Share Trading      
You are in :  
         | Register
Help » FAQ

Pilih topik
  1. Apakah berinvestasi saham mempunyai resiko?
    Ya, berinvestasi saham mempunyai resiko tersendiri.
    • Terdapat resiko yang terkandung di dalam investasi efek bahwa kerugian dan juga keuntungan dapat saja timbul sebagai akibat dari jual-beli efek yang ditransaksikan oleh anda di BEI atau bursa lainnya, termasuk kerugian pokok secara keseluruhan.
    • Untuk itu sebelum memulai berinvestasi Anda dapat melakukan konsultasi dengan penasihat investasi Anda.
  2. Bagaimana caranya saya dapat melakukan pembukaan rekening efek i*Trade@CIMB pada PT CIMB Securities Indonesia ("CIMB")?
    • Anda dapat melakukan pembukaan rekening efek online dengan mengikuti petunjuk-petunjuk dan mengisi data-data pribadi anda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Petugas Customer Service kami dapat membantu anda dalam pengisian aplikasi pembukaan rekening dan kelengkapan dokumen pendukung.
    • Kunjungi cabang kami yang terdekat. Alamat dan nomor telepon cabang kami tertera di website ini di menu "Our Location".
    • Hubungi kami di (+62)21 2996 1800 atau kirim email ke alamat jk.itrade@cimb.com
  3. Berapa usia minimum untuk pembukaan rekening efek?
    18 tahun.
  4. Apakah saya bisa melakukan online trading melalui i*Trade@CIMB sebagai warga negara asing?
    Bisa. Namun anda perlu memenuhi persyaratan yang digariskan oleh peraturan pasar modal Indonesia yang diatur oleh Bapepam-LK www.bapepam.go.id atau Bursa Efek Indonesia www.bei.go.id.
  5. Dokumen apa yang perlu diserahkan dalam rangka pembukaan rekening efek online untuk i*Trade@CIMB?
    Nasabah Lama
    • Persetujuan atas Persyaratan dan Ketentuan untuk i*Trade@CIMB
    • Pernyataan Resiko Investasi
    Nasabah Baru
    • Melengkapi aplikasi pembukaan pekening efek online
    • Persetujuan atas Persyaratan dan ketentuan untuk i*Trade@CIMB
    • Pernyataan Resiko Investasi
    • Surat Kuasa (Jika perlu)
    • Fotokopy Bukti Setoran Dana atau Efek
    • Fotokopi Kartu Identitas Diri(KTP/Paspor/Kitas) dan NPWP
    • Fotokopi rekening bank yang memperlihatkan nomor rekening bank anda dengan jelas.
    • Salah satu dokumen yang harus dilengkapi:
      • Slip gaji 3 (tiga) bulan terakhir (jika perlu)
      • Fotokopi rekening bank 3 (tiga) bulan terakhir.
  6. Apakah Saya perlu membuka sub-rekening efek di KSEI dalam rangka online trading?
    Betul. Kami akan membukakan sub-rekening efek atas nama anda pada KSEI di bawah rekening induk CIMB. Kami juga menyediakan pelayanan kustodian termasuk mengurus rights issue, penerimaan dividen dan lain lain.
  7. Apakah rekening efek saya akan ditangani oleh seorang pialang untuk i*Trade@CIMB?
    Bagi Nasabah baru, anda akan dirujuk untuk dilayani oleh seorang pialang berizin, apabila anda belum menentukan pilihan pialang. Bagi Nasabah lama, anda akan tetap dilayani oleh pialang berizin kami yang selama ini menangani rekening efek anda.
  8. Apakah saya perlu hadir pada saat membuka rekening efek i*Trade@CIMB ?
    Anda dapat membuat janji untuk menemui pialang anda atau anda dapat menemui Customer Service kami yang siap membantu anda dalam melengkapi aplikasi pembukaan rekening efek i*Trade@CIMB dan menyaksikan tanda-tangan anda pada formulir aplikasi.
  9. Apakah saya dapat langsung melakukan trading setelah melengkapi formulir aplikasi pembukaan rekening efek i*Trade@CIMB dan menyerahkan dokumen-dokumen yang disyaratkan?
    Anda hanya dapat melakukan transaksi online melalui i*Trade@CIMB setelah aplikasi pembukaan rekening efek i*Trade@CIMB disetujui oleh pejabat berwenang kami dan setelah setoran awal efek atau dana diterima oleh kami.
  10. Apakah saya perlu melakukan setoran awal minimum sebelum melakukan transaksi dalam rekening efek i*Trade@CIMB?
    Betul, Minimum setoran dana awal adalah Rp. 10.000.000,-. Setoran dana awal ini akan dibukukan dalam rekening efek anda pada kami sesuai dengan peraturan pasar modal yang berlaku.Anda juga dapat menyetor jaminan dalam bentuk efek senilai Rp. 25.000.000,-
  11. Apakah saya akan menerima bunga atas penempatan dana saya?
    Betul, tetapi hanya dana minimal senilai Rp. 5.000.000,- keatas akan mendapatkan bunga.
  12. Berapakah nomor rekening PT CIMB Securities Indonesia apabila saya melakukan transaksi melalui i*Trade@CIMB ?
    Bank CIMB Niaga
    Atas NamaPT CIMB Securities Indonesia
    Nomor Rekening0850100444004

    Bukti transfer harus mencantumkan nama nasabah dengan jelas serta nomor rekening nasabah di PT CIMB Securities Indonesia, dikirimkan melalui email ke jk.itrade@cimb.com atau jk.cso@cimb.com.
  13. Seberapa amankah situs online ini apabila saya melakukan transaksi online?
    Transaksi online yang dilakukan melalui situs online dari PT CIMB Securities Indonesia memiliki Keamanan Bertransaksi yang tinggi dengan adanya dukungan enkripsi SSL 256 bit dari VeriSign.

    Namun untuk terus menjaga keamanan maka kami menyarankan Anda untuk:
    • Membuat Password yang kuat:
      • Minimal dengan panjang 6 karakter
      • Membuat password dengan kombinasi huruf besar/kapital, huruf kecil, angka dan simbol
    • Mengganti password secara berkala. Disarankan setiap 3 bulan.
    • Tidak memberitahukan password Anda kepada siapapun.
    Anda hanya dapat melakukan single login untuk dapat mengakses situs online kami.
  14. Apa yang harus saya lakukan apabila terjadi gangguan pada sistem online trading?
    Apabila terjadi gangguan pada sistem online trading kami, Anda dapat segera menghubungi Customer Service atau Sales Representative kami untuk melakukan offline trading.
  15. Bagaimanakah proses login di i*Trade@CIMB?
    Untuk melakukan proses login di i*Trade@CIMB, pastikan Anda harus terlebih dulu telah tersambung dengan jaringan internet
    • Login i*Trade@CIMB melalui aplikasi
      Download i*Trade@CIMB melalui website www.itradecimb.co.id lalu lakukan proses login dengan memasukkan User ID dan Password yang sebelumnya telah dikirimkan oleh Customer Service PT CIMB Securities Indonesia.
    • Login i*Trade@CIMB melalui web
      Langkah mudah untuk melakukan proses login melalui web dimana Anda cukup membuka website kami di www.itradecimb.co.id dan memasukkan User ID dan Password yang sebelumnya telah dikirimkan oleh Customer Service PT CIMB Securities Indonesia
  16. Bagaimanakah cara melakukan transaksi di i*Trade@CIMB?
    Setelah melakukan Login, Anda dapat melakukan transaksi dengan mengisi List Order. Setelah order terkirim, Anda perlu menunggu Status Order dikarenakan List Order akan dikirimkan ke Bursa Efek Indonesia secara sistem.
  17. Bagaimanakah mekanisme pengiriman konfirmasi kepada nasabah?
    Trade Invoice atau konfirmasi perdagangan akan dikirimkan melalui email di setiap akhir hari transaksi pada bursa yang berisi kesimpulan transaksi nasabah pada hari tersebut sehingga Anda dapat mengontrol dan memonitor transaksi yang telah dilakukan.
  18. Bagaimana kalau konfirmasi tidak sesuai dengan transaksi yang dilakukan?
    Apabila terjadi ketidaksesuaian atas transaksi yang dilakukan, Anda dapat segera menyampaikan proses pengaduan ke Customer Service kami selambatnya T+1. Jika proses pengaduan ini diajukan lebih dari T+1 maka transaksi akan dianggap sah.
  19. Apakah ada hal-hal lain yang perlu diketahui saya ketahui sebagai Nasabah dari PT CIMB Securities Indonesia?
    Ya, Sehubungan dengan peningkatan efisiensi proses pencatatan pemisahan dana nasabah, maka mulai tanggal 14 Mei 2012, PT CIMB Securities Indonesia akan memberlakukan batas waktu pencatatan terhadap setoran dana nasabah, dengan ketentuan sebagai berikut :
    Bagi Nasabah yang telah melakukan setoran dana dan atau pembayaran dimana dana atau pembayaran tersebut telah efektif diterima oleh PT CIMB Securities Indonesia sebelum pukul 16:00 WIB, maka atas dana-dana tersebut akan dibukukan pada tanggal yang sama dan berlaku pula valuta pada tanggal yang sama.
    Bagi Nasabah yang telah melakukan setoran dana dan atau pembayaran dimana dana atau pembayaran tersebut baru efektif diterima oleh PT CIMB Securities setelah pukul 16:00, maka atas dana-dana tersebut akan dibukukan pada tanggal berikutnya dan berlaku pula valuta pada tanggal berikutnya.

  1. Dimana saya bisa download aplikasi i*Trade@CIMB?
    Silahkan buka https://www.itradecimb.co.id dan klik menu Tools > Download
  2. Bagaimana dengan spesifikasi hardware minimum untuk dapat mengakses i*Trade@CIMB?
    Spesifikasi hardware minimum yaitu Pentium IV @ 1300MHz, 512MB RAM, resolution 1024 x 768, 56.6k Modem. Sedangkan untuk O/S minimum Windows 2000 Professional dan Microsoft NET Framework 2.0.
  3. Seberapa aman kah website dan aplikasi i*Trade@CIMB?
    Keamanan di dalam bertransaksi menjadi prioritas utama kami. Data-data sensitif nasabah sangat kami perhatikan keamanannya dengan cara melakukan enkripsi pada saat terjadi komunikasi dari nasabah melalui website http://www.itradecimb.co.id dan aplikasi iTrade@CIMB ke perangkat server kami.
    Teknologi keamanan yang kami terapkan untuk melindungi data sensitif nasabah diantaranya :
    • Enkripsi User ID dan Password nasabah
    • Penggunaan PIN untuk semua yang berkaitan dengan Trading
    • Verisign Secure Socket Layer (SSL) encryption dengan Extended Validation
    • Proteksi Firewall
  4. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak bisa login ke dalam aplikasi i*Trade@CIMB?
    Lakukan langkah-langkah berikut jika anda memiliki kendala dalam melakukan login ke aplikasi :
    • Pastikan anda memasukkan User ID dan Password yang valid.
    • Pastikan User ID anda tidak di blokir. Kesalahan memasukkan User ID dan password 3 kali secara berturut-turut menyebabkan User ID diblokir. Hal ini semata-mata ditujukan untuk melindungi nasabah dari hal-hal yang tidak diinginkan.
    • Pastikan Regional Setting adalah English (United States)
    • Jika muncul pesan "Net Exception Report" setelah anda login, klik menu "Reset Setting" di layar login. Menu "Reset Setting" akan mengembalikan konfigurasi aplikasi dan layar kerja (workspace) ke kondisi semula(default).
  5. Apakah saya bisa memeriksa status antrian order saya?
    Ya. Anda dapat memeriksa status order antrian anda melalui layar Order List di dalam aplikasi i*Trade@CIMB. Yaitu sebagai berikut
    • Basket Order, yaitu order yang belum terkirim ke Bursa Efek Indonesia (o)
    • Order yang sudah terkirim ke Bursa Efek Indonesia, namun masih Open(O)
    • Order yang sudah sudah terjual/terbeli (M)
    • Order yang sudah di amend (A atau a)
    • Order yang dibatalkan/withdraw (W atau w)
    • Order yang direject (R atau r)
  6. Bagaimana saya bisa membatalkan/mengubah order-order saya yang belum tereksekusi di luar jam bursa?
    Untuk membatalkan atau mengubah order anda di luar jam bursa, anda harus memilih layar Order List dan pilih stock yang akan di ubah atau stock yang akan dibatalkan. Untuk pembatalan order, pilih tombol "Withdraw Order" dan untuk perubahan order, pilih tombol "Amend Order"
  7. Apakah saya dapat membuat Daftar Efek Favorit?
    Bisa. Anda dapat membuat sebuah daftar efek favorit anda hingga 20 jenis efek yang berbeda sesuai dengan keperluan anda.
  8. Apakah itu Amend Hit ?
    Amend Hit adalah fitur yang diberikan kepada Nasabah untuk melakukan perubahan (Amend) harga berdasarkan harga best bid atau best offer sebanyak 2 fraksi dari quote BEI .
  9. Apakah saya dapat mengakses laporan research dari analis efek CIMB Group tanpa harus login ke dalam aplikasi i*Trade@CIMB?
    Ya. Anda dapat mengakses laporan research dari analis efek CIMB Group dengan menggunakan User ID dan Password iTrade@CIMB anda melalui menu Research dari website www.itradecimb.co.id

  1. Siapakah yang dapat menggunakan fitur Smart Order pada iTrade ?
    Semua nasabah CSI yang mempunyai akses online trading.
  2. Apakah menggunakan fitur Smart Order dikenakan biaya ?
    Tidak, Smart Order bukan merupakan fitur berbayar. .
  3. Bagaimana cara mengaktifkan menu Smart Order ?
    Setelah anda melakukan login, klik fitur Smart Order pada pilihan menu. Jika Anda melakukannya untuk pertama kali maka akan muncul notifikasi “Syarat dan Ketentuan” klik ‘Ya, setuju’ sebelum menggunakan Smart Order. Jika Anda memilih ‘Tidak setuju’ maka Menu Smart Order akan non aktif.

    Untuk mengaktifkan kembali anda harus menghubungi: Customer Service 62 21 2996 1800 | email ke jk.itrade@cimb.com
  4. Apakah fungsi Buy di Smart Order Buy ?
    Buy – Smart Order terdapat 2 pilihan yang dapat digunakan yaitu :
    • Stop Loss untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan kerugian yang sudah kita tentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.
    • Take Profit untuk menjaga order yang telah match pada hari itu agar bisa dijual dengan keuntungan yang sudah ditentukan dan berlaku dengan jangka waktu 1 hari.
  5. Apakah fungsi Take Profit di Smart Order ?
    Pada Take Profit hanya ada satu kondisi harga yang menentukan kapan order akan masuk ke market. Harga tersebut dapat langsung diinput. Sedangkan harga yang dipergunakan untuk masuk ke market ada 2 pilihan yaitu
    • At Price – order yang masuk ke market akan mempergunakan harga yang di input pada Take Profit.
    • Best Bid – order yang masuk ke market akan mempergunakan harga best bid. Bila Min Cap di-set maka akan mencapai batas minimum harga.
  6. Apakah fungsi Sell di Smart Order ?
    Pada Smart Order Sell hanya terdapat satu kondisi yaitu Buy Back berguna untuk menjaga order yang telah match agar bisa dibeli dengan keuntungan yang sudah ditentukan.


    Buy back
    Pada Take Profit hanya ada satu kondisi harga yang menentukan kapan order akan masuk ke market. Harga tersebut dapat langsung diinput. Sedangkan harga yang dipergunakan untuk masuk ke market ada 4 pilihan yaitu
    • a. At Price – order yang masuk ke market akan mempergunakan harga yang di input pada Buy back.
    • b. Best Offer – order yang masuk ke market akan menpergunakan harga Best Offer. Bila Max Cap diset maka akan mencapai batas maximum harga.
  7. Apakah fungsi Smart Order Portfolio?
    Smart Order Portfolio adalah sistem yang dapat mengirimkan order secara otomatis ke bursa jika harga perdagangan sudah menyentuh ketentuan yang sudah kita tetapkan sebelumnya


    Smart Order Portfolio terdapat 2 pilihan yang dapat digunakan yaitu
    • 1. Stop Loss untuk menjaga posisi stok yang telah ada pada hari itu aga bisa dijual dengan kerugian yang sudah kita tentukan.
    • 2. Take Profit untuk menjaga posisi stok yang ada hari itu agar bisa dijual dengan keuntungan yang sudah ditentukan.


    • Release Price : Dapat kita gunakan pada Stop Loss dan Take Profit untuk menentukan harga pemicu untuk mengirim order ke pasar.
    • Release Quantity : Dapat kita gunakan pada Stop Loss dan Take Profit untuk menentukan jumlah lot yang akan kita jual ketika harga perdangangan menyentuh release price.
  8. Apakah GTC (Good Till Cancel) ?
    Merupakan fungsi yang terdapat pada Smart Order Portfolio. Jika GTC di tick maka perintah untuk membeli atau menjual terkait transaksi Smart Order pada harga yang ditetapkan yang aktif sampai investor memutuskan untuk membatalkan atau perdangangan dilaksanakan (Order dikirim ke market) Jika perintah tidak dibatalkan instruksi tersebut akan dibawa ke hari transaksi berikutnya.

    Apabila GTC tidak di tick maka order tersebut hanya berlaku 1 hari. JIka nasabah tidak menghendaki order tersebut, maka nasabah bisa melakukan cancel atau pembatalan order GTC tersebut melalui Smart Order List.
  9. Berapa lama Smart Order berlaku ?
    Smart Order hanya berlaku pada hari yang sama. Pada penutupan sesi ke dua setiap Smart Order yang tertahan pada sistem akan berakhir.
  10. Bagaimana cara melihat Smart Order yang sudah kita masukan ?
    Untuk melihat order yang sudah diinput melalui Smart Order dapat dilihat di menu order. Pilih sub menu Smart Order List.
  11. Bagaimanakah contoh penggunaan pada Smart Order ?
    Untuk penjelasan lebih detail, dapat dilihat di panduan penggunaan Smart Order pada link berikut : Panduan Smart Order

  1. Bagaimana saya dapat menggunakan Web Trading Online?
    Buka https://www.itradecimb.co.id melalui browser dan log-in menggunakan account anda.
  2. Bagaimana spesifikasi browser minimum untuk dapat mengakses Web Trading?
    Rekomendasi dari kami adalah menggunakan Internet Explorer versi 8 ke atas, Mozilla Firefox 3 ke atas dan Safari.
  3. Apakah Web Trading dapat diakses melalui komputer portabel?
    Ya. Anda dapat mengakses menggunakan Ipad dan Galaxy Tab.
  4. Apakah ada software lain yang diperlukan untuk menggunakan Web Trading?
    Untuk fitur chart, anda membutuhkan Flash (http://get.adobe.com/flashplayer/) dan Java (http://www.java.com/en/download/)
  5. Bagaimana jika saat saya mengakses Web Trading terjadi masalah koneksi atau tiba tiba berhenti?
    Anda dapat melakukan logout dan login kembali untuk mengakses Web Trading.
  6. Berapa kali maksimal saya dapat mencoba kembali dengan password jika gagal login?
    Anda memiliki maksimal 3 kali percobaan jika password anda gagal.
  7. Bagaimana jika saya lupa password atau terblokir secara otomatis?
    Anda dapat menghubungi Customer Service kami untuk mereset password anda.
  8. Berapa lama batas waktu session saat mengakses Web Trading?
    Setelah 1 jam tidak ada aktifitas maka anda otomatis akan logout dari Web Trading.
  9. Apakah dengan menggunakan Web Trading, saya dapat melakukan order diluar jam bursa?
    Ya, namun dengan kondisi sebagai berikut:
    • Langkah pertama adalah klik Basket Order setelah melakukan order. Apabila Anda tidak melakukannya maka order Anda secara otomatis akan ditolak.
    • Apabila Anda melakukan order sebelum jam 09.10 maka order Anda secara otomatis akan masuk ke dalam basket order dan akan dikirimkan ke IDX pada jam 09.30 wib.
    • Apabila Anda melakukan order diantara jam 09.10 - 09.25 maka order Anda secara otomatis akan dikirimkan ke IDX pada jam 09.30 wib
    • Apabila Anda melakukan order pada saat sesi break 1 (Senin - Kamis, jam 12.00 - 13.30 dan Jumat, jam 11.30 - 14.00 wib) maka order Anda secara otomatis akan masuk ke dalam basket order dan akan dikirimkan ke IDX pada saat sesi 2 dimulai (Senin - Kamis, jam 13.30 dan Jumat, jam 14.00)
    • Apabila Anda melakukan order setelah sesi 2 berakhir yaitu setelah pukul 16.00 wib maka order akan ditolak. Proses order dapat dilakukan kembali keesokan harinya setelah pukul 06.00 wib.

  1. Dimana saya bisa mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB di BlackBerry?
    Buka www.itradecimb.co.id melalui browser di perangkat BlackBerry lalu klik logo i*Trade@CIMB BlackBerry untuk mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB.
  2. Apakah saya bisa download aplikasi ini dari App World?
    Ya. Buka BlackBerry App World, kemudian masukkan kata kunci i*Trade@CIMB lalu unduh aplikasi i*Trade@CIMB BlackBerry.
  3. Jenis Blackberry apa saja yang mendukung aplikasi i*Trade@CIMB?
    Anda dapat mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB di perangkat BlackBerry minimal tipe BlackBerry 8520 (Gemini) dengan OS 5.0 keatas.
  4. Adakah biaya khusus untuk penggunaannya?
    Tidak. Untuk mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB baik melalui www.itradecimb.co.id ataupun BlackBerry App World tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Apakah pulsa saya akan terpotong saat menggunakan aplikasi ini?
    Biaya atas penggunaan aplikasi i*Trade@CIMB tergantung dari layanan internet dari operator yang Anda gunakan.
  6. Bagaimana kecepatan akses dari aplikasi ini?
    Kecepatan mengakses aplikasi i*Trade@CIMB tergantung dari jaringan dan layanan internet dari operator yang Anda gunakan.

  1. Dimana saya bisa mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB di Android?
    Buka www.itradecimb.co.id melalui browser di perangkat Android lalu klik logo i*Trade@CIMB Android untuk mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB
  2. Apakah saya bisa download aplikasi i*Trade@CIMB dari Android Market / Google Play?
    Ya. Buka Android Market atau Google Play, kemudian masukkan kata kunci i*Trade@CIMB lalu unduh aplikasi i*Trade@CIMB Android
  3. Jenis Android apa saja yang mendukung aplikasi i*Trade@CIMB?
    Anda dapat mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB di perangkat Samsung Galaxy SII, Samsung Galaxy Tab dan Samsung Galaxy Note dengan minimal sistem operasi Android Froyo
  4. Adakah biaya khusus untuk penggunaannya?
    Tidak. Untuk mengunduh aplikasi i*Trade@CIMB baik melalui www.itradecimb.co.id ataupun Android Market atau Google Play tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Apakah pulsa saya akan terpotong saat menggunakan aplikasi ini?
    Biaya atas penggunaan aplikasi i*Trade@CIMB tergantung dari layanan internet dari operator yang Anda gunakan
  6. Bagaimana kecepatan mengakses aplikasi ini?
    Kecepatan mengakses aplikasi i*Trade@CIMB tergantung dari jaringan dan layanan internet dari operator yang Anda gunakan
 
    About i*Trade | Contact Us | Sitemap | Private Policy Copyright © 2011 CIMB Group. All rights reserved.